Window Dressing
Table of Contents:
Definisi Window Dressing
Window dressing didefinisikan sebagai praktik memanipulasi atau mengubah laporan keuangan, laporan, atau representasi lain dari posisi keuangan perusahaan untuk menciptakan citra yang lebih baik atau mengesankan. Hal ini melibatkan perubahan kosmetik untuk meningkatkan penampilan kesehatan keuangan, seringkali tepat sebelum periode pelaporan atau audit.
Meskipun perubahan ini mungkin mematuhi peraturan akuntansi, perubahan ini dapat menyesatkan pemangku kepentingan dengan meremehkan kelemahan dan membesar-besarkan kekuatan.
Window dressing ditujukan untuk mempengaruhi persepsi investor, kepatuhan terhadap peraturan, atau kelayakan kredit, dibandingkan memberikan gambaran akurat mengenai kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.
Apa itu Window Dressing?
Window dressing adalah tindakan upaya yang disengaja dalam memanipulasi laporan keuangan untuk menyempurnakan tampilannya, seringkali tepat sebelum periode pelaporan, untuk menyesatkan pemangku kepentingan tentang kesehatan keuangan perusahaan.
Tujuan dari window dressing adalah untuk mempengaruhi persepsi dan kesan, yang berpotensi mengaburkan realitas atau kekurangan yang mendasarinya.